Jumat, 19 Agustus 2011

SMS ROHANI

Hidup adalah perjuangan yang penuh resiko dan tidak boleh berhenti. Semakin berjuang semakin banyak lagi yang harus di bayar mahal (Fil 1:27-30)

Dalam tiap kelelahan, Dia berikan sandaran. Dalam tiap kelemahan, Dia berikan kekuatan. Dalam tiap kesulitan, Dia berikan pengharapan. Dalam tiap doa, pasti ada jawaban.

Terbaik dari cinta adalah memberi. Terbaik dari kasih adalah menyayangi. Terbaik dari hati adalah ketulusan. Dan terbaik yang ada pada kita, persembahkanlah diri kita untuk Tuhan, karena Ia terlebih dahulu telah memberikan diriNya dengan berkorban bagi kita.

Jangan biarkan ketakutan dan kekuatiranmu menaungimu, karena itu bias membuat kita kehilangan jati diri. Serahkan semua kepada Tuhan Yesus karena Dia hidup. Dia tidak seperti dunia yang membuang muka, ketika kita terjatuh.

Bukan karena hari ini indah kita bahagia, tetapi karena bahagia, hari ini menjadi indah. Bukan karena tidak ada rintangan, kita optimis, tetapi karena kita optimis, rintangan jadi tidak ada. Bukan karena mudah kita yakin bisa, tetapi karena kita yakin bisa, semua jadi mudah. Bukan karena kita gagal, kita jadi takut mencoba, tetapi karena kita takut mencoba, kita jadi gagal. Bukan karena semua baik, kita tersenyum, tetapi karena kita tersenyum, semua jadi baik.

Hidup adalah perlombaan. Setiap kita wajib ikut serta dalam perlombaan itu. Rintangan, tantangan, masalah, tekanan dan cobaan pasti akan datang silih berganti dalam setiap perlombaan itu. Jangan melihat berat hidup sekarang, tetapi arahkanlah hati kita pada piala sorgawi di akhir perlombaan (Fil 3:13-14). Jangan pernah menyerah dalam keadaan apapun, teruslah maju dalam Tuhan.

Mentari pagi telah tiba. Bangunlah dari kasur “masa lalu” mu dan cucilah muka dengan air “ucapan syukur”. Bukalah jendela “kehidupan”mu dan biarkan sinar mentari kasih masuk dengan sukacita dan tersenyumlah. Biarlah empat pilar rohani (firman, iman, pengharapan dan kasih) mengokohkan hidupmu (Roma 12:11).

Meskipun berkali-kali terjatuh, seorang bayi akan tetap mencoba untuk bangun dan terus belajar berjalan. Kita diciptakan untuk tidak mudah patah semangat dalam mengarungi samudera kehidupan. “Sekalipun aku jatuh, aku akan bangun pula, sekalipun aku duduk dalam gelap, Tuhan akan menjadi terangku.” (Mikha 7:8)

Ucapkanlah kata-kata iman, maka kita akan mendapatkan hasil tepat seperti yang kita katakan (1 Sam 17:46-47). Kemenangan kita diawali dari perkataan kita. Apa yang kita pikirkan dan terkatakan, entah positif atau negatif bisa terjadi. Katakan yang positif saja. Salam kemenangan.

Kaki yang diawali dengan berlutut untuk berdoa di pagi hari akan menjadi kaki yang kuat dan tidak tersandung untuk berjalan sepanjang hari.

Setelah memberitakan injil di Samaria, Petrus dan Yohanes menggunakan kesempatan yang Tuhan percayakan kepada mereka untuk melanjutkan misiNya. Tuhan akan memberi kesempatan kepada orang lain apabila kita tidak mau melakukan atau menggunakannya. Esok pasti ada kesempatan namun belum pasti untuk kita. (Kis 8:25).

KasihNya hadir jauh sebelum matahari bersinar. CintaNya tetap terpancar cerah meski langit kelabu. BerkatNya selalu baru setiap hari.

Kebahagiaan adanya bukan di luar namun ada di dalam diri. Mari menemukannya (Ams 15:16-17).

Tuhanlah yang membuat mampu untuk tersenyum, walaupun harus menangis. Bertahan saat hendak menyerah. Berdoa saat kehabisan kata-kata. Mencintai walau hati hancur berulang kali. Mengerti walaupun tidak satu pun yang kelihatan memberi arti. Semuanya jadi mungkin, karena Tuhan yang memberi kesanggupan melakukannya (Yes 45:6, Rat 3:22-24, Mat 11:28)

Tuhan menjadikan kita untuk memuji Dia, tetapi seringkali kita menempatkan diri untuk di puji orang. Pujian harus kita naikkan kepada Tuhan. (Maz 150).

Dalam kehidupan rohani, Yerusalem adalah keluarga. Yehuda adalah saudara seiman. Samaria adalah orang-orang yang tidak seiman dan belum percaya kepada Yesus. Ujung bumi adalah semua sesama manusia yang ada di muka bumi. Keluarga adalah pondasi yang sangat penting bagi Tuhan. Tuhan menjelaskan bahwa tempat kita bersaksi dimulai dari keluarga. Setan terus berusaha untuk menghancurkan hubungan dalam keluarga. Jika di dalam keluarga ada perbedaan prinsip dan pemahaman, sikap dan doa kita dapat mengubahnya. Tugas kita adalah menabur benih firman Tuhan dan menjadi saksi bagi keluarga. Tugas Tuhan adalah member pertumbuhan supaya bisa di tuai pada waktunya. Jika tidak demikian, pondasi kita akan bisa runtuh dan pelayanan kita tidak menjadi berkat dan tidak maksimal (Kis 1:8)

Hidup aman bersama Tuhan jika tidak terpengaruh dengan omongan manis yang belum pasti. Jangan terkontaminasi oleh tawaran-tawaran yang mendatangkan dosa (Yes 33:15-16)

Percaya, Taat, dan Setia. Itulah yang mendatangkan pembelaan Tuhan dan penerimaan hak seseorang (Maz 37:3-6)

Besok pasti ada kesempatan, tetapi kesempatan besok belum pasti buat kita. Lakukan yang terbaik dengan benar apa yang perlu kita lakukan hari ini, supaya bisa membawa berkat bagi kita dan orang lain (Kol 4:5-6)

Tuhan menjadikan kita supaya kita membulatkan hati untuk takut akan Tuhan. Dia mau kita semakin hari semakin dekat kepadaNya dan hidup membawa kemuliaan bagi namaNya (Maz 86:11)

Dunia ini tidak bersahabat dengan orang Kristen yang taat kepada Tuhan dan firmanNya, yang tidak ingin mengkompromikan iman mereka dengan cara apapun. Yesus memanggil kita untuk setia sampai pada akhirnya, “hendaklah engkau setia sampai mati dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan” (Why 2:10)

Pemenang kehidupan adalah orang yang tetap sejuk di tempat yang panas, yang tetap manis di tempat yang sangat pahit, yang tetap merasa kecil meskipun telah menjadi besar dan yang tetap tenang di tengah badai yang paling hebat serta mengandalkan Tuhan dalam segala perkara. (Yer 17:7)

Bulan tidak hanya penentu waktu saja, tetapi juga menjadi penerang bumi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Ketika bulan purnama menerangi bumi, ada keindahan tersendiri bahwa kebesaranNya sungguh dikagumi. Begitu juga matahari bertanggungjawab langsung kepada Tuhan karena ia patuh pada apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan (Maz 104:19)

Seorang pekerja atau prajurit sejati tidak pernah memikirkan akan menerima upah dari komandannya. Ketika seseorang melakukannya dengan segenap hati, walaupun tidak banyak di lihat orang, namun Bapa di Sorga akan memperhitungkannya. Jadilah pekerja-pekerja Kristus, meskipun tidak dihargai orang, tetapi dari Yesus kita mendapat penghargaan (2 Tim 2:4; Mat 5:12; Kol 3:23)

Saat kekuatan mulai melemah bukan berarti harus menyerah. Saat kemampuan mulai pudar bukan berarti harus menghindar. Saat kegigihan mulai rapuh bukan berarti harus terjatuh. Bentuk kasih sayang Tuhan tidak selalu terasa manis, tetapi terkadang pahit. Dan disinilah proses hidup berjalan untuk mencapai kesuksesan.

Di dalam perjalanan perlu diawali dengan keyakinan, kesungguhan dan kesiapan untuk memulai dan memilih pada jalur yang benar. Jikalau berada di rel yang salah, maka bahaya akan menimpa. Demikian juga iman, harapan dan permohonan tidak terjawab karena kita sulit merendahkan diri, artinya tidak menurut apa yang dikehendakiNya (Ezra 8:21-23).

Jadilah seorang pelupa untuk dua hal saja, yakni: kebaikan yang kita berikan pada orang lain dan kesalahan yang orang lain lakukan kepada kita.

Alkitab atau firman Tuhan mempunyai maksud dan tujuan tersendiri. Tuhan membukakan melalui karya Roh Kudus untuk semua orang, seperti kita. Dia tidak memaksa seseorang, tetapi Tuhan sanggup melakukan dan mengubah yang tidak mungkin menjadi nyata tanpa dipahami oleh kita. Bukan hanya itu saja, Tuhan bisa memakai apa saja seperti orang yang tidak berdaya / lumpuh (Yes 55).

Tuhan ingin kita selalu mengenal Dia karena pengenalan akan Tuhan memampukan kita untuk tampil beda dengan orang yang tidak mengenal Dia. Demikian juga seorang anak mengenal ayah dan ibunya (Mat 11:27)

Kita harus pastikan bahwa tujuan setiap doa dan nyanyian kita hanya untuk menghormati Tuhan sepenuhnya, bukan untuk mengendalikanNya atau mencari pujian dari manusia. Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar (Maz 66:18). Lakukan yang terbaik hari ini, besok Tuhan tambahkan!

Melibatkan Tuhan dalam setiap langkah hidup kita. Tanpa Dia kita tidak dapat berbuat banyak karena kemegahan kita terbatas. Akui dan hormati otoritasNya (Yak 4:13-17)

Hadiah terindah dalam hidup adalah: Ketika kita diberiNya kesempatan untuk melakukan yang terbaik dan benar bagi orang-orang di sekitar kita. Mungkin kesempatan hanya satu kali dan hidup juga hanya satu kali . Lakukanlah sekarang, kenapa harus menunggu? (Mat 25:31-40)

Doa seorang manusia yang serba lemah seperti Musa dapat membuat hati Tuhan mengubah murkaNya menjadi pengampunan (Kej 32:14). Doa, pujian dan firman mendamaikan.

Manusia hidup dalam tiga dimensi waktu: masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Masa lalu adalah kenangan, masa sekarang adalah kenyataan, dan masa yang akan datang merupakan harapan, impian atau cita-cita. Orang yang baik adalah orang yang pandai mengambil pelajaran dari masa lalu untuk menemukan sikap di hari ini dan merencanakan masa depan, sehingga hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan esok bisa di atas tingkat prestasi yang di capai pada hari ini. (Yoelani)

Saat semua mata terpejam, Dia selalu melihatmu. Saat semua orang menutup telinga, Dia selalu mendengar keluh kesahmu. Saat semua orang memalingkan wajahnya, Dia selalu menatapmu. Saat semua orang meninggalkanmu, Dia tetap datang menemanimu. Di saat engkau menangis, Dia tetap datang menghapus air matamu. Saat semua tangan terkunci, Dia datang membuka tanganNya yang penuh kasih, karena kasih adalah setia dalam perkara apapun. Hanya kasih sejati yaitu kasih Yesus. (Yoelani)

Pilihan: Jalan ke Niniwe adalah tantangan dan harapan bagi yang melakukan sesuai kehendak Tuhan. Sedangkan jalan ke Tarsis adalah bebas hambatan dan menyenangkan. (Djoni Halim Lie)

Saat dirimu membuka mata, sadarilah ada cinta menantimu. Saat dirimu melangkahkan kakimu, ingatlah ada doa mengiringimu. Saat kamu ada masalah, ingatlah Yesus ada bersamamu. (Nia Pandjaitan)

Ketika waktu pagi Tuhan membuka jendela surga, Dia melihat hatiku dan bertanya apa harapan untuk hari ini? Aku menjawab Tuhan: jaga, lindungi dan cintai orang yang membaca sms ini selamanya. Amin. (Nia Pandjaitan)

Bertemu denganMu adalah hal yang terindah dalam hidupku. Tidak ingin ku tukar dengan apapun. Begitu juga, menjadi bagian dalam hidupMu adalah anugerah yang terindah yang tidak bisa ku tuliskan dengan tinta berwarna apapun. DiriMu terukir indah di hatiku. Semua yang kurasakan ini berlambang cinta dan betapa pentingnya diriMu di hatiku. Yesus Kaulah kekasih hatiku. (Nia Pandjaitan)

Yesus berkata: Anakku, tiap pagi Aku menunggumu bangun tidur untuk mengucap syukur bercerita padaKu apa yang akan kamu lakukan hari ini, tetapi kamu terburu-buru mandi dan sarapan. Ketika kamu pulang dari aktivitasmu, Aku juga menunggumu bercerita apa kesenangan dan keluh kesahmu hari ini, tetapi kau berkata kau terlalu lelah untuk bercerita. Ketahuilah Aku selalu menunggumu untuk bercerita padaKu. (Nia Pandjaitan)

Huruf “O” berarti OPPORTUNITY (kesempatan). Pada kata YESTERDAY tidak ada huruf “O”, artinya: KEMARIN sudah tidak ada kesempatan lagi. Pada kata TODAY ada satu huruf “O”, artinya: HARI INI masih ada satu kesempatan lagi. Pada kata TOMORROW ada tiga huruf “O”, artinya: BESOK masih ada banyak kesempatan. Apapun kegagalan dan kesalahanmu hari ini dan kemarin, selalu ada kesempatan untuk menjadi lebih baik. Siapkan hari esok sebagai kesempatan berjalan bersama Tuhan. (Nia Pandjaitan)

Jesus loves you. Mungkin seseorang pernah mengatakan padamu: Aku mencintaimu, aku tidak mau kehilanganmu! Bahkan mungkin dia juga berkata: Aku akan setia selamanya. Namun akhirnya dia pergi meninggalkanmu. Tetapi ada satu pribadi yang mencintaimu dengan tulus dan dengan kasihNya yang kekal dan berkata: Aku mengasihimu lebih dari yang kau tahu. Dialah Yesus. Tuhan Yesus selalu menjagamu. Jangan lupa berdoa karena itulah kekuatanmu. (kiriman dari Nia Pandjaitan)

Senyum mengawali sebuah hari. Doa memberkati sebuah karya. Cinta membuat hidup semakin indah. Pujian menyadarkan kita bahwa Tuhan selalu ada untuk kita. (kiriman dari Nia Pandjaitan)

Banyak orang ingin sekuat baja, tetapi enggan di tempa. Banyak yang ingin seharum dupa, tetapi tidak mau di bakar. Banyak yang ingin meraih kemenangan, tetapi enggan menerima tantangan. Banyak yang ingin menjadi emas murni, tetapi tidak mau di lebur di dalam dapur perapian. Banyak yang ingin berguna bagi dunia, tetapi enggan berbagi. Banyak yang ingin mengasihi, tetapi sulit untuk memaafkan. Belajarlah hanya kepada Yesus, maka kita akan beroleh kasih karuniaNya, kebijaksanaan yang sejati. Amin. (kiriman dari Nia Pandjaitan)

Kebahagiaan membuat kita ceria. Cobaan membuat kita sabar. Kegagalan membuat kita rendah hati. Sukses membuat kita semangat. Tetapi hanya Tuhan yang membuat kita berarti.

Saat kaki sudah tidak kuat berdiri, berlututlah. Saat tangan sudah tidak kuat menggenggam, lipatlah. Saat kepala sudah tidak kuat ditegakkan, menunduklah. Saat hati sudah tidak kuat menahan kesedihan, menangislah. Saat hidup sudah tidak mampu dihadapi, berdoalah dan buka Alkitab, karena Tuhan selalu menyertai kita (kiriman dari Nia Pandjaitan).

Ada berbagai penyesalan dalam hidup: Penyesalan sehari bila memasak nasi menjadi bubur, penyesalan sebulan bila salah memotong rambut, penyesalan setahun bila tidak naik kelas, penyesalan seumur hidup bila salah memilih pasangan hidup, penyesalan selamanya bila salah pilih juru selamat. Maka janganlah pindah ke iman yang lain selain tetap setia kepada Yesus Kristus (kiriman dari Nia Pandjaitan).

Renungan buat saudaraku: seperti cinta menggapai bahagia, seperti senyum yang menghadirkan damai. Begitulah kasih Yesus hadir dan memenuhi hatimu. “Tersenyumlah pada setiap orang yang kau temui hari ini”, karena saat itu juga kamu sedang membagikan cinta Tuhan kepada mereka. Dan kamu akan merasakan arti kebahagiaan dalam hatimu (kiriman dari Nia Pandjaitan).

Salib kayu di bukit Golgolta menjadi saksi bisu akan Kasih Tuhanku. Di atas salib itu dengan rela dan kasih Dia menanggung semua beban-bebanku. Hukum dosaku di bayar lunas ganti pembebasan. Sakitku ditanggungNya ganti kesembuhan. Kutukku ditanggungNya ganti berkat. Kemiskinanku dilucuti ganti kekayaan. Kelemahanku dipikulNya ganti kekuatan baru. Semuanya ini dilakukanNya karena kasihNya kepada kita. (kiriman dari Nia Pandjaitan)

Allah sengaja menaruh kelemahan-kelemahan kita untuk maksud-maksud dan tujuan yang mulia. Kelemahan mencegah kita dari kesombongan dan membawa kita bergantung padaNya. Jika Allah senang memakai orang yang lemah, mengapa kita harus malu dengan kelemahan kita? Jangan jadikan kelemahan kita sebagai suatu penghalang dalam menjalani hidup yang telah Tuhan beri. – Christy Pajouw

Apapun yang terjadi dalam hidup kita saat ini, tetap selalu andalkan Tuhan dalam segala hal, karena tanpa Tuhan kita tidak akan pernah bisa bertahan melewati segala tantangan yang ada. – Christy Pajouw

Tuhan akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan. Ia akan menjaga nyawamu. Tuhan akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya. (Mazmur 12:7-8) – 081275783xxx

BAIK dan BENAR adalah dua istilah yang berbeda. Orang BAIK pun belum tentu BENAR. Tetapi orang BENAR di-BAIK-kan oleh Tuhan, seperti Yusuf Arimatea yang baik lagi benar.

Ada sukacita besar bagi kita karena hari ini Allah memberikan kesempatan untuk beribadah kepada Dia. Mari kita siapkan segala sesuatu untuk Tuhan.

Dalam setiap perkara dan masalah, Tuhan memberi hikmat dan pengertian, supaya kita melihat jalan yang diberikanNya.

Banyak orang Jawa yang suka dengan DOSA: dosarapan, dosandalan, dosarungan, dosayang-sayangan, dosakarepe. Yang paling parah: dosambat ora duwe duit. Yo ora opo-opo, sing penting dosae-sae mawon.

Perbuatan + melakukan + melayani + bekerja dengan baik dan tulus mendapatkan upah yang baik. Karena Tuhan Yesus tidak mau berhutang kepada kita (Efesus 6:5-8).

Diberitahukan bahwa kiamat 2012 “DIBATALKAN”. Ada sedikit masalah teknis, yaitu neraka sedang dalam renovasi untuk memperluas wilayah, agar pada saat kiamat tidak terjadi kepadatan penduduk. Maka kiamat di undur pada tahun 3012. Panitia kiamat meminta maaf yang sebesar-besarnya atas pembatalan kiamat ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. Harap diberitahukan kepada yang lain supaya tidak buru-buru pergi ke neraka.

Okeh menungso seneng karo dosa. Contone: DOSArapan, DOSAndalan, DOSArungan, DOSAyang-sayangan, DOSAntai-santai, DOSAkarepe dewe. Sing paling parah DOSAmbat ora nduwe duit. Tapi ora opo-opo, sing penting DOSAe-sae mawon tho keluargane??

Ketika harapan serasa tipis dan bahkan semburatnya tidak tampak, percaya saja dan datanglah pada Sang Pengharapan

Setiap kali aku berdoa, suatu kata yang paling membangkitkan iman dan menggetarkan hati, adalah saat aku memanggilNya “Bapa”. Aku lalu berhenti sejenak, menikmati kedekatanNya, kelembutanNya dan kehangatanNya. Kata itu telah menjadi sumber inspirasi, kekuatan dan kekagumanku akan Dia. Dia terasa lebih dekat, sangat dekat, sedekat nafasku.

Hidup tidak berdasarkan apa yang kita lihat, tetapi berdasarkan pada apa yang kita yakini.

Janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan menjauh dari penglihatan kita, yang akan menjadi kehidupan bagi jiwa.

God makes everything perfect. He makes you perfect too. Today, He makes your day even more perfect.

Life is riding bicycle. To keep balance, we must keep moving.

Tuhan tidak akan mengijinkan pencobaan memasuki kehidupan kita kecuali Dia mempunyai maksud untuk itu (1 Kor 10:13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar