Jumat, 27 Agustus 2010

Apa dan Sebenarnya Doa itu?

Penulis : Rev. David
Yonggi Cho
Kita harus selalu
berdoa! Bedanya
antara orang Kristen
dan non- Kristen
adalah orang Kristen
itu berdoa.Orang
yang belum percaya
tidak berdoa, tetapi
orang-orang percaya
berdoa. Mengapa
demikian? Doa
adalah membuka
hatimu dan
mengundang Yesus
menjadi Tuhan dan
Raja atas
kehidupanmu. Jika
anda sedang berdoa
di rumah anda, maka
itu berarti anda
sedang membuka
pintu rumah anda
bagi Yesus Kristus.
Jika anda sedang
berdoa di tempat
kerja anda, maka itu
berarti anda sedang
mengundang Yesus
Kristus Tuhan ke
tempat kerja anda.
Jika seluruh negeri
berdoa, maka itu
berarti anda sedang
mengundang Yesus
Kristus untuk
menjadi Tuhan dan
Raja atas negara
tersebut.
Sekarang ini,
masalahnya adalah
orang-orang tidak
mengijinkan Yesus
Kristus untuk
menjadi Tuhan dan
Raja atas kehidupan
mereka.
Tuhan tidak menjadi
tuan atas kehidupan
kita. Jika suatu
rumah tidak memiliki
tuan, maka rumah
itu kosong.Jika
tuannya tidak
berada di rumah,
maka pencuri dapat
masuk. Kita
menghadapi banyak
masalah karena
Tuhan tidak menjadi
tuan atas rumah
kita.
Pencuri tidak dapat
masuk ke dalam
rumah jika tuan
rumahnya ada. Jika
sebuah rumah
kosong, tujuh setan
akan datang untuk
menghuni rumah
tersebut.
Amerika mendapat
serangan teroris,
tetapi itu tidak
terjadi sebelumnya.
Mengapa serangan
itu terjadi? Itu
terjadi karena tidak
ada yang menjadi
tuan di dalam rumah
mereka.
Mereka sangat
makmur, tetapi di
dalam rumah
mereka, tidak ada
yang menjadi tuan.
Ketika Amerika baru
berdiri, Tuhanlah
yang menjadi
tuannya, tetapi
pemerintah Amerika
kemudian
mendorong sang
tuan keluar dari
sekolah-sekolah,
keluar dari rumah-
rumah, dan Amerika
menjadi rumah
kosong. Maka semua
pencuri datang untuk
menghuni rumah
tersebut.
Amerika sangat kaya
dan memiliki
kekuatan militer
yang hebat, tetapi
uang dan kekuatan
tidak dapat
melindungi Amerika.
Hanya Tuhan Yesus
dan Allah Bapa yang
dapat melindungi
Amerika.
Dalam Mazmur 127,
"Jikalau bukan
Tuhan yang
membangun rumah,
sia- sialah usaha
orang yang
membangunnya;
jikalau bukan Tuhan
yang mengawal
kota, sia-sialah
pengawal berjaga-
jaga."
Amerika membangun
gedung World Trade
Center yang begitu
indah, dan gedung
tersebut merupakan
symbol dari
kekuatan ekonomi
Amerika. Namun,
simbol kekayaan dan
kemakmuran
tersebut hancur.
Karena Tuhan
bukanlah tuan rumah
dari gedung
tersebut, maka
gedung tersebut
menjadi tidak
terlindungi. Gedung
Pentagon
merupakan gedung
yang kuat, tetapi
gedung tersebut
juga diremukkan.
Tuan rumah harus
berada di dalam
rumah. Tuhan harus
diundang untuk
menjadi tuan atas
rumah kita.
Mengapa kita
berdoa? Kita berdoa
untuk mengundang
Sang Tuan Rumah,
Tuhan Yesus Kristus
untuk datang ke
dalam rumah kita.
Kita perlu berdoa di
rumah-rumah, di
sekolah-sekolah, dan
di kantor- kantor
pemerintahan. Yesus
Kristus sedang
mengetuk pintu
hatimu.
Ia mengatakan
bahwa siapapun
yang membukakan
pintu, maka Ia akan
masuk dan makan
bersamanya. Wahyu
3:20, "Lihat, Aku
berdiri di muka pintu
dan mengetuk;
jikalau ada orang
yang mendengar
suaraKu dan
membukakan pintu,
Aku akan masuk
mendapatkannya
dan Aku makan
bersama- sama
dengan dia, dan ia
bersama-sama
dengan Aku."
Bagaimana kita
membukakan pintu?
Pintu akan terbuka
terhadap doamu
yang sungguh-
sungguh.
Ketika anda berdoa,
Yesus masuk ke
dalam hatimu, dan Ia
akan hidup
bersamamu. Anda
tidak perlu menjadi
kesepian dan
tertolak, tetapi
melalui doa, anda
dapat hidup bersama
Dia.
Tuhan rindu untuk
membina suatu
hubungan dengan
anda karena Ia
sangat mengasihi
anda. Ayah saya
sekarang berusia 90
tahun, dan ibu saya
berusia 89 tahun,
dan ketika saya
mengunjungi
mereka, mereka
menginginkan saya
untuk tinggal di sana
untuk seterusnya.
Setelah saya
berjam-jam berada
di sana, mereka
berkata kepada
saya, "Kamu tidak
boleh pergi
sekarang, ini masih
terlalu pagi."
Orang tua saya
sungguh-sungguh
mengasihi saya dan
mereka rindu berada
dekat dengan saya
selama berjam-jam.
Saya ingin anda
mengetahui bahwa
Tuhan Allah Bapa
sangat mengasihi
anda. Yesus sangat
mengasihi anda. Dan
Ia ingin
menghabiskan
banyak waktuNya
bersama anda.
Ketika anda
menyembahNya,
memujiNya dan
menghabiskan
waktu bersamaNya;
Tuhan akan merasa
gembira. Ketika anda
bergembira di dalam
Tuhan, Ia akan
memberikan
kepadamu apa yang
diinginkan hatimu.
Mazmur 37:4, "Dan
bergembiralah
karena Tuhan; maka
Ia akan memberikan
kepadamu apa yang
diinginkan hatimu."
Ketika kita berdoa,
kita membuka hati
kita dan menjadikan
Yesus Kristus Raja
dan Tuhan dalam
kehidupan kita.
Yesus yang disalib
menghancurkan
pekerjaan Iblis.
Kita harus melawan
Iblis, dan kita
mengusirnya.
Bangsa Israel
diserang oleh bangsa
Amalek, dan bangsa
Amalek dipersenjatai
dengan sangat baik.
Sedangkan bangsa
Israel tidak memiliki
kekuatan yang
sama.
Ketika Yosua dan
bangsa Israel
memerangi bangsa
Amalek,mereka
dikalahkan.
Maka Musa pergi ke
medan perang
bersama Harun dan
dan Hur untuk
berdoa. Ketika Musa
berdoa, bangsa Israel
menang, tetapi
ketika Musa berhenti
berdoa, bangsa Israel
kalah.
Ada medan
pertempuran lainnya
yang tidak bisa kita
lihat dengan mata
kita. Ketika Musa
memenangkan
peperangan roh yang
tidak dapat
dilihatnya; Tuhan
memenangkan
perang fisik yang
dapat dilihatnya.
Kita dikelilingi oleh
kekuatan Iblis yang
kotor dan jahat.
Banyak orang
tersesat, dan
mereka hidup
dengan berfoya-
foya. Banyak
pemerintah yang
sangat korup.
Tidak peduli berapa
banyak polisi atau
jaksa yang kaumiliki
di dunia ini, dosa
tidak pernah bisa
diberantas. Kita
kalah dalam
peperangan di alam
roh.
Jika engkau kalah
dalam peperangan di
alam roh, maka
engkau akan kalah
pula dalam
peperangan di alam
fisik.
Ketika kita pertama
kali mengusir setan
yang kotor dan
jahat, maka
kemudian kita akan
memiliki komunitas
yang bersih. Lalu
kebencian, ramalan-
ramalan,
kebohongan,
perzinahan,
pemerkosaan dan
dosa akan pergi. Kita
perlu memikirkan
dosa-dosa kita.
Pada waktu gereja
pertama saya
dibangun, orang-
orang tidak
menginginkannya,
dan mereka
melemparinya
dengan batu. Mertua
perempuan saya dan
saya berdoa lima
jam setiap hari.
Kami berdoa, dan
kami menyebut
Darah Yesus, dan
kami memiliki iman
bahwa Tuhan akan
berperang bagi kami.
Tiba-tiba setan-
setan mulai
meninggalkan orang-
orang dan mereka
mulai mendengarkan
apa yang saya
katakan.
Satu dalam dua
keluarga mulai
datang ke gereja
kami. Orang-orang
mulai digerakkan,
disembuhkan dan
diselamatkan. Dalam
tiga tahun, kami
mempunyai 500
orang yang menjadi
Kristen.
Anda harus
memenangkan
peperangan roh
sebelum anda bisa
memenangkan
peperangan fisik.
Ketika anda
memenangkan
peperangan roh,
maka anda juga
akan memenangkan
peperangan fisik.
Dua orang teman
baik saya hendak
bercerai. Mereka
berdua aktif
dipaduan suara, dan
saya yang memimpin
pernikahan mereka.
Mereka hidup
bersama dengan
harmonis, dan
kemudian mereka
mulai membenci satu
sama lain. Suatu
malam mereka
menelpon saya agar
datang ke rumah
mereka.
Mereka mengatakan,
"Malam ini adalah
malam dimana kami
akan berpisah." Saya
meminta mereka
untuk menunggu
sampai besok pagi.
Yang pria
mengatakan, "Tidak,
kami tidak bisa
menunggu selama
itu karena kami
sudah berkemas dan
kami akan pergi
malam ini." Saya
berkata, "Ini jam
satu dini hari,
bagaimana saya bisa
pergi ke rumah
kalian?"
Mereka mengatakan,
"Engkau yang
berdoa dan yang
memberkati kami
ketika kami
menikah, dan
sekarang kami ingin
engkau berdoa dan
memberkati
perpisahan kami."
Akhirnya saya
berpakaian dan pergi
ke rumah mereka.
Ketika saya sampai
di sana, suami istri
tersebut berada di
ruangan yang
berbeda, dan saya
meminta mereka
untuk sama-sama
keluar. Mereka
mengatakan,
"Jangan coba-coba
menceramahi kami.
Ceramahmu tidak
akan berguna. Kami
ditakdirkan untuk
berpisah. Tolong
doakan agar kami
berpisah dengan
gembira." Saya
hanya mengatakan,
"Mari," dan saya
memegang tangan
mereka. Saya dapat
melihat setan
sedang memisahkan
mereka.
Tidak ada cara lain
untuk menolong
kedua orang ini
selain melenyapkan
setan yang jahat ini.
Maka di dalam Nama
dan Darah Yesus
Kristus, saya mulai
berdoa bagi mereka.
Saya berkata, "Kau
roh kebencian, aku
ikat engkau di dalam
nama Yesus, dan
saya perintahkan
engkau untuk pergi
di dalam nama
Yesus." Selama tiga
puluh menit saya
hanya mengatakan
hal itu, dan ketika
saya sedang berdoa,
saya mulai
merasakan beberapa
tetes air mata jatuh
di tangan saya. Saya
membuka mata saya
untuk melihat
mereka; suami istri
tersebut menangis.
Saya memeluk
mereka, kemudian
saya pergi dan
mengucapkan,
"Selamat malam."
Hari Minggu
berikutnya, saya
melihat kepaduan
suara, dan pasangan
ini masih bersama di
paduan suara.
Setelah kebaktian,
pasangan ini datang
ke kantor saya, dan
saya menanyai
mereka mengapa
mereka belum
berpisah.
Mereka mengatakan
bahwa saya telah
berdoa selama tiga
puluh menit untuk
mengusir setan dan
sesuatu yang ada di
dalam diri mereka
telah pergi. Haleluya!
Kebencian telah
pergi,
kesalahpahaman
telah pergi, 590
mereka merasa
sangat bodoh
dengan diri mereka
sendiri. Mereka
merasa begitu malu
karena mereka telah
bertengkar seperti
anak kecil.
Yang pria
mengatakan, "Kami
mulai tertawa-tawa
setelah anda pergi,
dan kami
membongkar
kembali barang-
barang kami.
Sekarang kami
bahkan tidak ingat
mengapa kami
begitu marah saat
itu." Ketika engkau
memenangkan
peperangan roh,
maka peperangan
fisik juga
dimenangkan!
Yesus mengatakan
bahwa setan datang
untuk mencuri,
membunuh dan
menghancurkan.
Yesus datang untuk
memberikanmu
kehidupan dan
kehidupan yang
berkelimpahan.
Ketika engkau
berperang dalam
peperangan roh,
engkau akan
memaksa mundur
kekuatan setan, dan
engkau akan
mengundang
kekuatan Tuhan
untuk datang.
Ini sebabnya
mengapa kita harus
berdoa. Kita tidak
boleh merasa susah,
kita harus berdoa.
Kita harus berdoa
bagi Amerika, dan
untuk perang di
Afganistan, dan bagi
semua hal.
Kita melihat Amerika
diserang secara fisik,
dan kita dapat
melihat perang di
Afganistan, tetapi
kita tidak akan
pernah
memenangkan
peperangan ini
dengan bom. Kita
hanya bisa
memenangkan
peperangan ini
dengan doa dan
dengan mengikat
setan yang berada di
balik semua ini.
Peperangan yang
sebenarnya adalah
peperangan roh.
Gereja di Amerika
harus berdoa, dan
kita harus
menyokong mereka
dalam doa. Gereja-
gereja di seluruh
dunia harus bersatu
dan berdoa. Kita
harus mengikat
setan yang hendak
mencuri, membunuh
dan menghancurkan.
Tuhan akan
mengikat musuh dan
menghancurkan
pekerjaannya yang
jahat. Semua
otoritas dalam alam
roh harus dimulai
dengan doa.
Apabila pemimpinnya
telah diikat, maka
para penjahat tidak
dapat masuk ke
dalam rumah. Sang
pemimpin disini
adalah si Iblis, dan ia
memegang kendali
atas hati orang-
orang, tetapi ketika
engkau mengikat si
Iblis melalui doa, dan
mengusirnya, maka
engkau dapat
membebaskan orang
tersebut dari tangan
si Iblis.
Kebangkitan dan
pertumbuhan dalam
gereja datangnya
dari doa. Tanpa doa,
gereja tidak akan
pernah bisa bangkit.
Keselamatan jiwa-
jiwa tidak dapat
terjadi tanpa doa.
Gereja kami telah
bertumbuh karena
para kepala
komunitas selnya
sering berdoa. Kami
memenangkan
peperangan roh. Kita
harus bersatu dan
berdoa di dalam
kasih dan iman untuk
semua hal di gereja,
di kota, dalam
pemerintahan, dalam
keluarga, dan dunia.
Doa merupakan
peperangan roh, dan
ketika musuh telah
diikat, maka Yesus
dapat masuk dan
melakukan
pekerjaanNya yang
dahsyat. Anda perlu
berdoa dengan
penuh kerinduan di
pagi hari, sepanjang
malam dan tanpa
henti. Anda harus
berdoa dengan
segenap hati agar
Kerajaan Tuhan
datang, dan
kehendakNya terjadi
di dalam
kehidupanmu, di
dalam gerejamu, di
kotamu, di
negeramu, dan di
dunia. Amin.
Alasan lain mengapa
kita berdoa adalah
karena doa dapat
menggerakkan
tangan Tuhan. Pada
saat Perang Korea,
orang-orang Korea
Utara berusaha
mendorong orang-
orang Korea Selatan
ke laut.
Presiden Rhee
mengundang semua
pendeta untuk
datang ke rumahnya,
dan ia berkata, "Ini
adalah kesempatan
terakhir yang kita
miliki." Ia
mengatakan bahwa
temannya Jenderal
McArthur akan
mengirim
pengebom-
pengebom dan
mengebom para
komunis, tetapi ia
mengatakan bahwa
sekarang ini adalah
musim hujan dan
setiap hari turun
hujan.
Ia mengatakan
bahwa apabila turun
hujan, para
pengebom tidak bisa
terbang dan
melakukan tugas
mereka, oleh karena
itu kami harus
berdoa sehingga
hujan tidak turun
selama musim hujan.
Musim hujan
berlangsung selama
sebulan, tetapi kami
tidak akan mampu
menahan musuh
selama sebulan. Oleh
karena itu kami
harus berdoa
sehingga hujan
berhenti.
Presiden Rhee
berkata, "Para
pendeta, kalian
semua harus berdoa
bagi kami. Negara ini
bisa terus ada atau
tidak, tergantung
pada doa-doa
kalian." Para
pendeta berdoa dan
berdoa,, dan doa
mereka
menggerakkan
tangan Tuhan, dan Ia
menghentikan hujan.
Pada tahun 1950,
pada pertengahan
musim hujan, tidak
ada hujan.
Setiap hari pasukan
Amerika
membombardir
pasukan musuh, dan
hal itu melumpuhkan
kekuatan mereka.
Kemudian Jenderal
McArthur mendarat
di Incheon. Jika para
pendeta tidak
berdoa selama
waktu itu, maka
tidak akan ada Korea
Selatan. Doa mereka
telah menggerakkan
tangan Tuhan yang
berkuasa.
Matius 18:19, "Dan
lagi aku berkata
kepadamu: Jika dua
orang daripadamu di
dunia ini sepakat
meminta apapun
juga, permintaan
mereka itu akan
dikabulkan oleh
BapaKu yang di
sorga."
Jika kita bersatu di
dalam kasih,
kesatuan dan doa,
maka hal itu akan
menggerakkan hati
dan tangan Tuhan,
dan Ia akan
mengadakan mujizat
yang engkau
perlukan. Alkitab
mengatakan,
"Panggillah Aku,
maka Aku akan
menjawab engkau,
dan Aku akan
menunjukkan
kepadamu hal-hal
yang misterius dan
besar."
Ketika engkau
berdoa bersama di
dalam keluargamu,
Tuhan akan mulai
melakukan mujizat
di dalam
keluargamu. Ketika
engkau berdoa
bersama di tempat
kerjamu, Tuhan akan
mulai melakukan
mujizat di tempat
kerjamu. Ketika kita
berdoa bersama di
dalam kasih dan
kesatuan, sejarah
akan diubahkan.
Dengan berdoa, kita
mengundang Tuhan
untuk menjadi Raja
atas kehidupan kita,
atas rumah kita, atas
gereja kita, atas
kota kita dan atas
dunia. Itulah
sebabnya mengapa
kita perlu berdoa.
Sumber: Full Gospel
Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar